Aulia Sandie Nurfatih; Lulusan Komunikasi Bisnis, Karir Programming juga Dirintis

Bagi yang sudah lulus kuliah, tujuannya tak lain dan tak bukan adalah mencari pekerjaan. Bahkan, yang masih kuliah-pun tak jarang malah enggan meneruskan, bila sudah merasakan ‘manisnya’ mencari uang. Tapi tidak berlaku bagi Aulia Sandy Nurfatih, dara yang akrab dipanggil Aulia ini, menempuh jalan yang berbeda. Meski sudah mengantongi ijazah sarjana, pada tahun 2018, Ia masih merasa perlu membekali dirinya dengan skill lain, yaitu programming. Dunia pasca kampus, Ia mulai dengan bekerja pada bagian marketing/partnership. Namun karena ingin lebih serius dalam memasuki dunia programming, Ia memutuskan resign dan mulai dengan membaca serta mengikuti kelas programming.

Kenapa Tertarik Programmming?

Saat ini teknologi sudah makin canggih dan perkembangannya juga sangat cepat,  tentu akan menjadi nilai plus bagi individu yang memiliki skill tambahan berupa programming. Sejalan dengan berkembangnya industry era 4.0, dunia programming menjadi hal yang sangat seksi saat ini. Untuk memulai petualangannya di dunia programming, Aulia memutuskan mengambil kelas Web Design di Rumah Coding. Ia sangat memahami, tidak ada cara instan jika kita ingin mempelajari hal baru.

Untuk bisa menjadi developer web, ia perlu mempelajari dasar-dasar pemrograman web yang diawali dengan HTML dan CSS. Ia meyakini bahwa dasar-dasar pemrograman merupakan pondasi, dimana logika memainkan peranan penting dalam membuat kode. Materi-materi tersebut ia dapatkan dalam kelas Web Design yang diikutinya saat ini.

Fenomena Beda Jurusan

Sebenarnya, Aulia bukanlah peserta pertama yang mempelajari programming dari jurusan non TI (Teknik Informatika). Beberapa peserta sebelumnya, ada yang berprofesi sebagai fotografer, dokter, bahkan ada yang berlatar pendidikan magister manajemen. Tentu alasan tiap orang berbeda-beda dalam mempelajari programming. Ada yang berencana membuat aplikasi untuk bisnisnya, ada yang penasaran ingin mencoba membuat aplikasi, bahkan ada yang memang ingin mulai meniti karir menjadi programmer. Banyaknya peserta yang berasal dari jurusan berbeda, menunjukkan bahwa programming menjadi suatu skill yang memang diminati bahkan oleh orang-orang non TI.

Support Sang Ayah

Air cucuran jatuhnya ke pelimbahan juga, dibalik tingginya minat belajar Aulia, terdapat seorang ayah yang memberikan full support untuk putrinya dalam memulai perjalanannya di dunia programming. Bermula dari perhatian sang Ayah terkait tingginya persaingan dalam industri kerja, sehingga patutlah bagi individu untuk bisa menguasai tak hanya satu skill saja. Oleh karena tingginya minat masyarakat tentang programming, yang bisa dilihat dari makin mudahnya orang dalam melakukan pekerjaan hanya dalam genggaman tangan, missal pesan makanan cukup dengan klik melalui aplikasi ojek online, pesan peralatan elektronik maupun Rumah tangga hanya dengan klik melalui aplikasi toko online, dan banyak aplikasi-aplikasi lainnya yang diciptakan untuk semakin memudahkan manusia. Berangkat dari hal tersebut, sang Ayah yang juga programmer, mencarikan dan mendaftarkan putrinya untuk mengikuti kelas programming. Selain mengambil kelas web design di Rumah Coding, Aulia juga membuktikan keseriusannya dengan mengikuti program bootcamp fullstack web developer pada bulan mendatang.

Kehadiran Aulia, pada kelas Web Design di Rumah Coding, tak lepas dari peran sang Ayah. Selama mengikuti kelas, Ia merasa enjoy karena delivery materi dari pengajar berjalan dengan baik. Ia memang lebih memilih kelas offline, dibanding online karena saat ada error/masalah di kelas bisa langsung ditanggapi dan ditemukan solusinya. Ia pun memberikan saran kepada Rumah Coding agar kelak mungkin durasi belajar bisa ditambah supaya semakin longgar waktunya untuk eksplorasi kemampuan peserta.

Terima kasih Aulia, sudah berbagi cerita dan menyumbangkan saran kepada Rumah Coding, semoga apa yang diharapkan bisa segera tercapai ya. Kalian juga bisa lho melihat testimoni Aulia pada link berikut https://www.youtube.com/watch?v=rP35iyV6hJ0. Nah buat kalian yang penasaran dan pengen tahu kelas Web Design di Rumah Coding seperti apa, bisa klik link disini juga yah. Sampai jumpa di special guest berikutnya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *