7 Tip Ampuh Agar Cepat Menguasai Coding – Tip #3 Sangat dibutuhkan untuk Mendapat Kerja

Saat ini kebutuhan dunia industri terhadap tenaga programmer semakin meningkat, baik itu programmer web maupun mobile (android dan iOs). Efeknya semakin banyak pula orang yang tertarik untuk belajar bahasa pemrograman, baik itu mahasiswa, pekerja kantoran bahkan hingga ibu rumah tangga.

Akan tetapi belajar coding atau mempelajari bahasa pemrograman tertentu terkadang menjadi momok bagi sebagian orang terutama para pemula. Karena memang citra coding di mata mereka identik dengan sesuatu yang rumit dan sulit dipelajari. Walaupun pandangan tersebut tidak sepenuhnya salah, tetapi memang belajar coding membutuhkan waktu yang tidak sedikit, apalagi jika ingin menjadi seorang programmer yang mahir. Mereka yang ingin belajar coding harus menyisihkan banyak waktu untuk mempelajarinya. Tidak sedikit pula yang putus di tengah jalan dan tidak mau lagi melanjutkan belajarnya.

Lalu adakah tips agar belajar coding itu bisa lebih cepat dan menyenangkan. Yuk simak beberapa tip berikut, agar proses belajar coding menjadi lebih cepat dan mudah.

  1. Belajar sambil praktek

Coding merupakan skill yang berkaitan erat dengan praktek. Tanpa praktek, Anda tidak akan mendapatkan hasil pembelajaran yang optimal. Sama saja halnya dengan ketika anda mempelajari sebuah bahasa baru, katakanlah bahasa inggris, jika Anda tidak mempraktekkan apa yang sudah dipelajari, maka hasilnya tidak akan maksimal, tidak peduli berapa lama Anda mempelajarinya.

Setiap materi baru yang dipelajari harus disertai dengan praktek, agar pemahaman terhadap materi tersebut tertanam kuat. Misalkan hari ini Anda belajar sebuah materi baru yaitu for loop. Maka luangkan waktu untuk praktek latihan menggunakan for loop, sampe Anda lancar menggunakan for loop. Anda juga bisa mencoba berbagai macam variasi for loop. Anda juga bisa mencoba beberapa studi kasus yang berbeda-beda. Semakin banyak Anda praktek, maka akan semakin kuat pemahaman terhadap materi tersebut. Ingat coding itu bukan hanya sekedar teori. Di dunia kerja nanti, Anda akan lebih banyak praktek daripada hanya sekedar teori.

2. Beri perhatian lebih pada materi fundamental (dasar)

Dalam setiap pembelajaran, akan selalu ada istilah materi fundamental atau materi dasar. Materi ini merupakan materi yang wajib dipelajari karena materi tersebut akan banyak dipakai pada materi-materi selanjutnya. Begitu juga dengan coding, ada materi-materi fundamental yang wajib bagi setiap orang yang belajar coding untuk memahaminya dengan baik. Tanpa pemahaman yang baik terhadap materi dasar tersebut maka akan sulit untuk mempelajari materi selanjutnya.

Jangan tergesa-gesa dalam mempelajari materi dasar ini, pastikan Anda telah memahaminya dengan baik. Walaupun tergolong materi yang mudah dan membosankan, akan tetapi jangan pernah meremehkan materi tersebut disebabkan ingin cepat-cepat beralih ke materi yang lain. Yang perlu ditekankan bahwa materi dasar merupakan fondasi atau penunjang agar dapat memahami materi yang lebih sulit. Jadi pastikan Anda telah memahami materi-materi dasar tersebut sebelum lanjut pada materi selanjutnya.

Materi dasar (fundamental) dalam coding di antaranya adalah konsep variable, statement, for loop, kondisi if, array dan yang lain-nya.

3. Cobalah untuk coding di atas kertas

Coding pada dasarnya adalah memberi instruksi kepada komputer agar melakukan task (pekerjaan) tertentu. Instruksi tersebut diekspresikan dalam bentuk bahasa pemrograman. Dengan kata lain coding itu bisa diartikan sebagai seni merangkai kata untuk memberi perintah kepada komputer agar melakukan sebuah pekerjaan. Akan tetapi rangkaian kata-kata tersebut memilih aturan dan kaidah-kaidah tergantung bahasa pemrograman yang dipakai. Walaupun bahasa pemrograman memiliki aturan (sintaks) yang berbeda-beda, akan tetapi logika yang digunakan tetap sama. Oleh karena itu ada istilah pseudocode untuk menjelaskan alur logika dari sebuah program yang tidak terikat dengan bahasa pemrograman apapun.

Nah, disinilah perbedaan antara seorang programmer sejati dengan programmer abal-abal. Seorang programmer sejati mampu menuliskan kode program di atas kertas. Jika Anda ingin menjadi seorang programmer sejati, maka belajarlah untuk menuliskan kode program di atas kertas. Setelah itu menyalin-nya ke dalam komputer dan lihat apakah ada error (kesalahan program) atau tidak. Latihan seperti ini akan mengasah insting Anda sebagai seorang programmer, sehingga mampu menulis kode program yang sulit sekalipun.

Bagi yang pertama kali mencoba menulis kode program di atas kertas mungkin akan mengalami kesulitan. Tetapi dengan banyak latihan, maka lama-kelamaan akan semakin mudah.

Kabar gembiranya adalah sebagian perusahaan juga menerapkan test penerimaan programmer dengan metode seperti ini. Jadi jika Anda terbiasa coding di atas kertas, maka kemungkinan Anda lulus test dan mendapatkan pekerjaan di perusahaan idaman akan semakin besar.

4. Bertanya pada ahlinya

Dalam setiap proses belajar tentu seringkali kita mengalami kesulitan dalam memahami satu atau dua materi. Terlebih lagi dalam belajar coding, pasti akan ada beberapa materi yang mungkin sulit untuk dipahami. Pada kondisi demikian, bertanya kepada programmer yang sudah senior dan berpengalaman merupakan solusi terbaik.

Anda bisa bertanya kepada teman, saudara atau kenalan yang sudah berpengalaman dalam dunia coding. Jika Anda melakukan pendekatan dengan baik, biasanya mereka dengan senang hati mau menjawab. Tetapi perlu diingat bahwa para programmer itu adalah orang-orang yang sibuk. Kl mereka mau menjawab pertanyaan Anda, maka Anda beruntung, jika tidak, maka coba bertanya kepada yang lain.

Jika tidak menemukan orang untuk ditanya, maka Anda bisa mencoba mengambil kursus atau semacamnya. Mengikuti kursus memang mengeluarkan biaya, akan tetapi kembali pada prinsip “You get what you pay”. Tidaklah rugi menginventasikan sedikit uang, tetapi banyak ilmu yang akan didapat sebagai tambahan bekal untuk pekerjaan Anda nanti. Dengan mengikuti kursus atau sejenisnya, Anda akan dibimbing oleh trainer yang berpengalaman. Anda juga bebas bertanya kesulitan yang Anda hadapi selama belajar coding. Anda bisa mengikuti kursus coding dimana saja yang dekat dengan lokasi Anda tinggal. Salah satu pilihan tempat kursus coding terbaik yang bisa Anda ikuti adalah Rumah Coding. Selain karena trainernya berpengalaman, Rumah Coding juga memiliki jadwal di beberapa kota di Indonesia.

Mencari solusi sendiri mungkin bisa dicoba, akan tetapi terkadang masalah tersebut tidak bisa kita selesaikan selama berhari-hari, bahkan hingga hitungan minggu. Maka dari itu bertanya kepada ahlinya merupakan solusi terbaik dan sangat menghemat waktu. Tetapi ingat, jangan setiap permasalahan selalu ditanyakan. Kebiasaan seperti ini menjadi kita sebagai programmer manja yang tidak mau menggunakan otaknya untuk berpikir. Selain itu juga akan mengganggu teman yang selalu kita tanya. Jadilah programmer yang kreatif, ada hal yang memang harus ditanyakan, tetapi ada pula hal yang memang harus diselesaikan sendiri.

5. Mencari referensi materi tambahan dari internet

Di internet Anda bisa menemukan banyak hal yang bermanfaat, termasuk referensi tambahan untuk belajar. Anda bisa mencari pada google, stackoverflow, youtube, forum tanya jawab, blog atau tempat yang lain. Stackoverflow merupakan salah forum tanya jawab yang paling populer terutama untuk permasalahan coding.

Ingat Anda tidak sendiri yang belajar coding. Jutaan orang di dunia juga mempelajari apa yang Anda pelajari saat ini. Kesulitan yang Anda alami pasti juga sudah pernah di alami oleh orang lain. Jadi setiap permasalah yang muncul kemungkinan besar sudah ada orang yang pernah menanyakan hal tersebut di stackoverflow, jadi Anda bisa langsung mencari dan mengikuti solusi yang tertera di stackoverflow.

Kemudian di youtube juga banyak sekali video tutorial yang membahas tentang coding. Anda bisa mengambil salah satu tutorial yang terbaik untuk dijadikan bahan materi tambahan.

Akan tetapi sebagian besar referensi tentang coding di Internet dibuat dalam bahasa inggris. Tutorial atau referensi tentang coding yang berbahasa Indonesia tergolong masih sedikit. Jadi untuk bisa mengambil manfaat dari referensi di Internet, Anda harus mengerti bahasa inggris, minimal pasif.

6. Mencoba setiap kode contoh, jangan hanya dibaca

Setiap tutorial atau materi baik dari internet ataupun dari sumber yang lain tentulah menyertakan sebuah kode contoh. Sebaiknya Anda mencoba mempraktekan setiap kode contoh yang Anda agar lebih mudah memahami maksud dari contoh tersebut. Saat Anda belajar, luangkanlah waktu sejenak untuk mengetik ulang kode tersebut kemudian menjalankannya. Dari hasil percobaan tersebut, Anda dapat menyimpulkan hasilnya.

Beberapa orang terkadang malas untuk mencoba kode-kode contoh tersebut. Mereka merasa puas hanya dengan membaca sekilas kode contoh tersebut dan memilih beralih ke materi berikutnya.

Dari kode-kode contoh tersebut banyak hal yang bisa dipelajari. Dengan mempelajari kode contoh, Anda bisa bereksplorasi lebih dalam, memodifikasi dengan variasi yang berbeda. Kesemua proses tersebut akan semakin meningkatkan skill Anda dalam coding.

7. Istirahat sejenak saat debugging

Jika Anda merasa stack pada sebuah masalah dalam coding, Anda bisa rehat sejenak untuk sekedar menjernihkan pikiran. Bisa dengan mengambil segelas kopi, pergi ke luar ruangan untuk menghirup udara segar atau sekedar berdiri menggerakan tangan atau kepala. Kegiatan kecil seperti ini mampu mengembalikan pikiran yang jenuh agar siap kembali bekerja.

Selamat mencoba!! Happy Coding

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top