Halo teman teman, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai pengenalan class pada Dart.
Class adalah sebuah blueprint, class bertugas menampung method-method dan variabel variabel terkait. Contohnya tentang pembuatan skema untuk membuat sebuah bangunan. Bangunan adalah objek dan skema adalah cetak biru (class). Objek sendiri merupakan sebuah variabel, yang merupakan representasi atau perwujudan dari class.
Dalam penulisan nama class harus diawali dengan huruf kapital. Untuk membuat private variable atau method yang ada di dalam class tersebut adalah dengan cara menambahkan prefix ‘_’ di bagian depan nama variable atau method terkait.
Salah satu anggota class yang sering dipakai adalah constructor. Constructor merupakan sebuah method dimana kita bisa memberi nilai awal untuk class variable. Constructor akan langsung dieksekusi ketika sebuah objek dibuat.
Aturan constructor :
- Nama constructor harus sama dengan nama class.
- constructor tidak memiliki return value.
Berikut adalah contoh pembuatan class pada bahasa Dart.
void main() {
/*
Pembuatan objek john dari class Person
*/
var john = Person('john', 'wick');
/*
Pemanggilan method greeting dari objek john
*/
print(john.greeting());
}
/*
Pembuatan class Person
*/
class Person {
/*
Deklarasi variable
*/
String firstName;
String lastName;
final String _level = "A rank";
/*
Pembuatan constructor dari class Person
*/
Person(this.firstName, this.lastName);
String greeting(){
return "Hello, ${_getFullName()}";
}
String _getFullName(){
return "$firstName $lastName";
}
}
Oke teman teman, sekian dulu artikel kali ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya.