Gammu-Teknik Mengirim SMS pada SMS Engine (SMS Gateway)

Bismillahirrohmanirrahim

Melanjuti tutorial sebelumnya Gammu-Cara Setting Konfigurasi SMS Engine (SMS Gateway), tutorial kali ini akan membahas bagaimana caranya mengirim SMS pada SMS Engine yang telah terkonfigurasi dengan baik. Baiklah, pada tutorial sebelumnya, kita telah mengetahui bagaimana mengatur konfigurasi sebuah SMS Engine agar dapat terkoneksi dengan modem. Ketika SMS Engine telah berjalan, maka setiap sms yang masuk ke nomor modem tersebut secara otomatis akan disimpan ke dalam database pada tabel inbox, lalu kita tinggal memproses inbox tersebut sesuai dengan keinginan.

Jadi yang perlu ditekankan disini ialdah kita dapat membuat aplikasi atau program yang memanfaatkan SMS Engine ini dengan menggunakan bahasa pemrogaman apapun. Sudah paham kan maksudnya. Jadi, aplikasi yang dibuat dan SMS Engine melakukan komunikasi melalui database. Yang perlu dilakukan hanyalah mengecek apakah ada sms baru pada tabel inbox.

Secara umum, teknik mengirim sms pada Gammu melalui smsd atau sms engine terdapat 2 cara, yaitu:

  1. Menggunakan aplikasi gammu-smsd-inject.exe
  2. gammu-smsd-inject.exe merupakan aplikasi yang disertakan dalam package Gammu dan berada pada folder bin. Untuk mengirim sms dengan menggunakan teknik ini, perhatikan source code berikut:

    gammu-smsd-inject.exe -c smsdrc TEXT 08656565656 -text "Hello with Gammu"
    

    Potongan code di atas adalah untuk mengirim sms ke nomor 08656565656 dengan pesan “Hello with Gammu”. Jangan lupa smsdrc merupakan file konfigurasi gammu smsd.

  3. Menginput ke dalam database Outbox
  4. Cara kedua ialah secara manual kita input data ke dalam table outbox. Field pada outbox yang perlu disi adalah:DestinationNumber, TextEncoded, SendingDateTime. Jika input telah OK, tinggal tunggu saja, gammu smsd secara otomatis akan mengirimkan sms tersebut.

Perlu diingat bahwa kedua teknik ini adalah untuk mengirim sms dengan menggunakan smsd atau sms engine. Jadi pastikan smsd atau sms engine telah berjalan dengan baik. Jika tidak, sms tidak pernah akan terkirim. Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *