Javascript-Menghilangkan trailing space atau white character pada string

Bismillahirrohmanirrohim

Trailing space atau white character pada sebuah string merupakan tambahan satu atau lebih karakter space ataupun tab di awal atau di akhir string. Permasalahan yang sering muncul berkaitan dengan trailing space ini terjadi ketika user atau pengunjung website mengisi form yang disediakan pada web tersebut. Sengaja atau tidak, seringkali user memberikan tambahan karakter space pada awal atau akhir kata yang diinput.

Untuk data-data yang vital seperti username dan password, penambahan ini dapat berakibat fatal jika data yang diinput oleh user tersebut langsung disimpan ke dalam database. Oleh karena itulah, data-data input tersebut perlu dihilangkan.

Ada dua teknik dasar untuk menghilangkan trailing space atau white character pada sebuah string. Yang pertama dapat dilakukan di sisi client, yakni menggunakan Javascript, dan yang kedua dilakukan di sisi server dengan Java atau PHP.

Pada umumnya, setiap bahasa pemrograman telah menyediakan fungsi built-in untuk menghilangkan trailing space, biasanya dinamakan trim(). Akan tetapi javascript tidak menyediakan fungsi built-in tersebut. Oleh karena itu, perlu dicari langkah alternatifnya. Berikut ini adalah alternatif yang dapat menggantikan fungsi tersebut.

function trim(str){
return str.replace(/^\s+|\s+$/g, '');
}

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *