JQuery-Memilih Elemen HTML berdasarkan lebih dari satu attribute

Bismillahirrohmaniraahim

Pada tutorial kali ini, saya akan membahas bagaimana menggunakan JQuery untuk memilih elemen HTML berdasarkan lebih dari satu attribut. Langkahnya sangatlah mudah. Baiklah, agar pemahaman mengenai pemilihan elemen pada JQuery ini menjadi utuh dan tidak terkesan lompat-lompat, saya akan memulai membahas bagaimana cara untuk memilih elemen berdasarkan satu attribute.

Misalkan, kita hendak memilih sebuah elemen input yang memiliki attribu name=option1, maka script yang bisa digunakan adalah sebagai berikut:

$('input[name=option1]')

Dengan menggunakan script yang sederhana tersebut, kita sudah dapat memilih elemen yang memiliki attribut name=option1. Sederhana dan mudah kan, pas dengan semboyan JQuery “Write less do more”.

Ok, kembali ke permasalahan awal, bagaimana caranya jika kita ingin memilih elemen, jika kriteria pemilihan kita ada beberapa attribute. Baiklah untuk mempermudah pemahaman, kita ambil sebuah contoh. Misal kita ingin memilih elemen yang memilih attribut name=option1 dan value=1.  Bagaimana caranya? Cobalah menduga dengan insting sobatNet sebagai seorang programmer . Jika saya harus menduga, maka saya akan menduga seperti ini:

$('input[name=option1, value=1]')

atau seperti ini:

$('input[name=option1;value=1]')

Tetapi, ternyata tak satupun dari kedua dugaan tersebut benar. Lantas bagaimana? Ok, ini dia the real solution:

$('input[name=option1][value=1]')

Bagaimana jika ingin memilih berdasarkan tiga attribute. Jawabnya trivial: Gunakan insting sobatNet. Saya tunggu jawabannya.
 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top