Mengenal VueJs dan Kelebihannya.

Pengembangan web adalah salah satu bisnis paling populer yang di kini sangat gencar dipraktikan. Kini banyak sekali tool dan teknik digunakan oleh developer untuk membuat sebuah website. Banyak teknologi sotware juga digunakan oleh developer untuk membuat web agar lebih cepat, lebih menarik dan user friendly. Vue.js adalah salah satu teknologi baru yang banyak digunakan di seluruh dunia untuk pengembangan web. Vue js sebenarnya adalah framework JavaScript untuk membangun antarmuka pengguna (user interface).

Berikut ini adalah beberapa kelebihan Vue.js dalam pengembangan web dibandingkan dengan framwork atau library yang lain.

  1. Ukuran yang Sangat Kecil
    Keberhasilan sebuah framework JavaScript bergantung pada ukurannya. Semakin kecil ukurannya, semakin banyak akan digunakan. Salah satu keunggulan terbesar Vue.js adalah ukurannya yang kecil. Ukuran framework ini adalah 18–21KB. Dengan ukuran yang kecil tersebut, maka proses loading website yang menggunakan Vue JS menjadi lebih cepat. ini mengalahkan semua framework seperti React.js, Angular.js, dan Ember.js.
  2. Mudah dipahami
    Salah satu alasan mengapa Vue Js sanga popouler adalah karena Vue JS sangat mudah dimengerti bahkan untuk para pemula sekalipun. Developer dapat dengan mudah menambahkan Vue.js ke projek webnya karena strukturnya yang sederhana. Website skala kecil maupun besar dapat dikembangkan menggunakan Vue JS sehingga sangat menghemat banyak waktu. Ketika terjadi masalah, developer dapat dengan mudah melacak bug penyebab kesalahan. Semua ini karena strukturnya yang sederhana.
  3. Mudah diintegrasikan
    Vue.js juga populer di kalangan pengembang web karena mudah diintegrasikan dengan aplikasi yang sudah berjalan. Hal ini disebabkan karena Vue JS dibuat menggunakan JavaScript dan dapat langsung diintegrasikan ke dalam web/aplikasi lain yang dibangun di atas JavaScript. Ini berarti Vue JS bisa digunakan untuk pengembangan website baru atau website yang sudah ada. Integrasi ini dimungkinkan karena Vue.js memiliki komponen untuk semuanya.
  4. Dokumentasi yang Baik
    Salah satu alasan mengapa Vue JS banyak diminati adalah karena dokumentasi yang baik dan terperinci. Dengan dukungan dokumentasi yang baik, maka developer akan mudah dalam melakukan pengembangan web menggunakan Vue Js. Dokumentasi Vue.js sangat komprehensif sehingga setiap pengguna yang tahu sedikit tentang JavaScript dan HTML dapat mengembangkan aplikasi atau halaman web sendiri.
  5. Fleksibel
    Vue JS merupakan salah framework dengan fleksibilitas tinggi. Vue JS memungkinkan developer untuk membuat template dalam file HTML, file JavaScript, dan file JavaScript murni menggunakan node virtual. Fleksibilitas ini juga memudahkan untuk dipahami oleh developer React.js, Angular.js, dan framework JavaScript baru lainnya. Vue.js telah terbukti sangat bermanfaat dalam pengembangan aplikasi-aplikasi sederhana yang dijalankan langsung dari browser.
  6. Komunikasi 2 Arah Dua Arah
    Terakhir, Vue.js juga memfasilitasi komunikasi dua arah karena arsitektur MVVM-nya yang membuatnya mudah menangani blok HTML. Hal ini mirip dengan dengan Angular.js yang juga mempercepat blok HTML.

Pada akhirnya, kita dapat mengatakan bahwa Vue.js memiliki keunggulan dari semua framework lain seperti Angular.js dan React.js.

Ingin belajar Vue JS dengan cepat? Kali ini, Rumah Coding akan mengadakan workshop intensive Vue JS yang akan dipandu oleh seorang trainer berpengelaman dalam bidang front-end development. Catat tanggalnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top