Cara meningkatkan keamanan website

Keamanan website adalah hal yang sangat penting sekali ketika kalian ingin membuat website. Karena ketika memiliki website tentu akan berisi banyak informasi dan file-file yang sudah dikumpulkan.

Jika Kalian tidak menjaga keamanan website Kalian, mungkin hacker bisa saja membuat celah yang bisa membuat website kamu diserang. Oleh karena itu, kita sudah merangkum beberapa cara supaya website kalian tetap aman dari serangan hacker. Yuk, kita Simak artikel dibawah ini.

1. Menggunakan SSL

Cara yang pertama dalah menggunakan SSL(Secure Sokets Layer). SSL sangat penting untuk sebuah website, karena dengan adanya SSL membuat data-data penting yang ada di dalam website menjadi lebih aman dan terjaga dengan baik.

Kalian bisa melihat apakah website yang kalian kunjungi sudah menggunakan SSL atau belum, dengan cara melihat apakah website tersebut memiliki icon gembok di bagian sebelah kiri alamat website tersebut.

2. Pastikan Hosting kalian aman

Selanjutnya adalah pastikan ketika kalian memilih jasa hosting, pilih lah jasa hosting yang aman dan terpercaya. Kalian bisa melihat dari ulasan pengguna yang sudah menggunakan layanan hosting mereka.

3. Install plugin backup

Plugin Backup berfungsi untuk mengembalikan website ke keadaan semula sambal memperbaiki kesalahan yang ada pada website. Plugin backup juga bisa membantu kalian untuk melakukan pencadangan pada data website. Berikut beberapa plugin backup WordPress yang bisa kalian gunakan :

  1. Backup Buddy
  2. UpDraftPlus
  3. BoldGrip backup
  4. BlogVault
  5. Acronis Cloud Backup

4. Selalu update website kalian

Ketika sudah memiliki sebuah website, pastikan kalian selalu melakukan update pada website kalian. Karena jika kita tidak melakukan update ke versi yang terbaru keamanan website kamu tidak akan terjamin.

5. Gunakan Password yang kuat

Gunakan lah password dengan kombinasi yang rumit dan sulit. Kalian bisa menggabungkan huruf dengan angka, symbol, huruf besar dan yang lainnya. Pastikan juga password yang kamu gunakan tidak mudah tertebak oleg orang lain.

Jangan menggunakan password yang mencermikan pribadi kamu, misalnya tanggal lahir, peliharaan, hobi dan yang lain.

6. Batasi Percobaan Login

Dengan membatasi percobaan login kalian bisa mencegah serangan hacker yang mencoba masuk ke website dengan menggunakan metode brute force. Brute force attack adalah cara untuk masuk ke dalam website atau aplikasi dengan memasukkan ribuan bahkan jutaan kombinasi username dan password.

7. Beri Pengaturan LogOut Otomatis

Mengatur LogOut otomatis akan mencegah berbagai tindak kejahatan yang bisa saja membahayakan website kalian. LogOut otomatis akan berjalan apabila sebuah akun sudah tidak aktif untuk beberapa lama.

Untuk memberi pengaturan LogOut otomatis kalian bisa menggunakan plugin, contohnya Inactive Logout. Dengan menggunakan plugin tersebut, user akan secara otomatis LogOut setelah beberapa waktu tidak aktif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top