Kelebihan dan Kekurangan React js

React js adalah sebuah library dari JavaScript yang biasa digunakan untuk merancang UI suatu aplikasi dan merupakan salah satu library JavaScript yang paling popular.

React js digunakan untuk membangun sebuah user interface yang responsive. Tetapi sama seperti banyak framework lain, React js juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan React js. yuk, kita masuk ke pembahasannya!

Kelebihan React Js

1. Mudah untuk dipelajari

Ada banyak sekali tutorial react js di internet, sehingga memudahkan untuk pemula yang ingin mempelajari react js.

2. Performa yang tinggi

Dengan adanya Virtual DOM, React js bisa memperbarui data dengan seefisien mungkin. Selain itu, Virtual DOM juga memungkinkan pembuatan aplikasi menjadi lebih cepat dan responsive

3. Komponen yang dapat digunakan kembali

Pada React js, anda dapat menggunakan lagi komponen yang sudah anda buat. Sehingga dapat meningkatkan efisiensi dalam pengembangan kode

4. JSX

Adanya JSX pada React js memungkinkan Anda untuk memodifikasi DOM menggunakan kode html yang lebih sederhana. Akan tetapi, JSX bukanlah HTML. Bahasa sederhananya adalah seperti: JSX terlihat seperti HTML, tetapi memiliki fungsi seperti JavaScript.

5. Dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile

React js memiliki framework yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi mobile disebut React Native.

Dengan React Native, memungkinkan developer untuk membangun sebuah aplikasi dengan berbasi system operasi Android dan IOS dengan menggunakan kode yang sama dengan aplikasi web.

Kekurangan React js

1. Dokumentasi Kurang baik

Dokumentasi pada React js bisa dibilang kurang baik, karena informasi yang diberikan pada dokumentasi tidak lengkap. Tidak seperti framework lain yang dokumentasi nya lengkap dan terstruktur

2. Kompatibilitas

Browser versi lama tidak mendukung React js, hanya bisa menggunakan browser versi terbaru. Versi terbaru React js hanya mendukung Internet Explorer versi 9 keatas.

3. Level kesulitan

Meskipun React js mudah untuk dipelajari, namun penggunaan React js akan menyulitkan developer baru ketika mempelajari konsep dasarnya. Konsep dasar yang dimaksud disini seperti state, props, dan lifecycle.

4. View Layer

React js adalah library dengan bentuk view layer. Untuk membangun sebuah aplikasi yang besar kita harus menyusun sendiri tiap-tiap kebutuhan aplikasi yang lain, seperti data layer, router, struktur aplikasi dan event system (kecuali even DOM).

Jadi kesimpulannya, React js sama seperti framework pengembangan aplikasi web yang lain. React js juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa jadi pertimbangan Anda Ketika ingin menggunakannya.

React js juga memiliki komunitas yang besar dan dukungan yang sangat baik sehingga dapat memberikan Anda akses belajar yang luas dan Anda dapat belajar melalui diskusi Bersama dengan anggota-anggota komunitas lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top