Tips & trick belajar programming dengan cepat

Di era digital seperti sekarang belajar programming sangatlah mudah, karena sudah banyak tutorial yang tersedia di internet. Kalian bisa belajar apapun yang kalian mau kapanpun dan dimanapun kalian berada.

Belajar programming tentu banyak tantangannya, tetapi ada loh beberapa tips dan trick yang bisa kalian gunakan saat belajar programming. Mau tau apa aja tips dan trick nya? Yuk, kita simak beberapa tips dan trick belajar programming dengan cepat.

1. Pelajari skill dasar

Langkah paling pertama yang tidak boleh kalian lewatkan adalah mempelajari skill dasar programming. Jika kalian ingin melakukan pemahaman ke tahap yang lebih kompleks, kalian harus memiliki skill dasar programming yang kuat.

Kalian bisa mempelajari algoritma, struktur data, function, tipe data, variabel, dan sintaks. Dengan mempelajari skill dasar programming tersebut kemungkinan kalian stuck dalam mempelajari programming akan semakin kecil.

2. Fokus pada satu bahasa pemrograman

Langkah selanjutnya adalah memilih bahasa pemrograman yang kalian mau. Sebelum memilih bahasa pemrograman, kalian tentukan terlebih dahulu tujuan dan kebutuhan yang cocok dengan kalian.

Setelah memilih bahasa pemrograman yang cocok dengan kalian, lebih baik kalian fokus ke 1 bahasa pemrograman terlebih dahulu. Tujuannya adalah supaya proses belajar kalian lebih cepat dan efisien.

3. Praktek sebanyak-banyaknya

Ketika kalian sedang mempelajari bahasa pemrograman sebaiknya kalian lakukan praktek secara terus menerus. Karena jika kalian hanya membaca buku atau melihat tutorial tanpa mempraktekannya itu adalah sebuah kesalahan yang besar.

Jangan pernah bosan untuk mengulang praktek sampai berkali-kali, karena semakin kalian hafal dengan apa yang kalian kerjakan semakin bagus pula untuk ke depannya. Apabila kalian mengalami kebingungan saat mengerjakan praktek, kalian bisa melihat tutorial youtube atau mencari masalahnya di google.

4. Ikuti kelas programming

Mengikuti kelas programming adalah salah satu cara yang bisa kalian pilih jika ingin belajar programming dengan cepat. Karena biasanya kelas programming diadakan dengan waktu yang singkat, tetapi walaupun singkat biasanya hal-hal yang dipelajari adalah ilmu-ilmu penting dalam dunia kerja.

Di kelas programming, kalian juga bisa bertemu dengan pengajar-pengajar yang berpengalaman dan peserta lain yang bisa kalian ajak berdiskusi dan belajar bersama.

Salah satu kelas programming yang cocok untuk kalian belajar tentang pemrograman adalah RumahCoding. Dengan kalian mengikuti kelas pemrograman yang ada di RumahCoding proses belajar programming kalian akan semakin cepat dan juga terarah.

5. Hindari Copy Paste

Ketika kalian belajar programming kalian tidak boleh mengikuti sama persis dengan yang ada di tutorial. Kreasikan program yang sudah kamu buat dengan mengikuti tutorial. Walaupun dalam beberapa kondisi, copy paste memang diperlukan.

6. Istirahat

Duduk di depan computer selama berjam-jam sekaligus mempelajari materi programming adalah suatu kegiatan yang sangat melelahkan. Kebiasaan seperti itu juga tidak baik untuk tubuh kita, karena tubuh kita juga membutuhkan istirahat.

Walaupun kalian mempunyai target dan semangat belajar yang tinggi, kalian juga harus memperhatikan tubuh kalian masing-masing. Coba lah untuk belajar perlahan lahan, tetapi tetap konsisten setiap harinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top