Heri Purwanto : Menuntut Ilmu dari Tuban hingga ke Depok

Mungkin sebagian kita pernah mendengar ungkapan tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina. Artinya memang tidak peduli berapapun jauhnya, kejarlah ilmu itu sampai kita mendapatkannya. Pada kesempatan kali ini, Bapak Heri Purwanto akan berbagi cerita dan pengalamannya dalam menimba ilmu membuat aplikasi android di Rumah Coding.

Jauh-jauh datang dari Tuban

Bapak Heri Purwanto, merupakan salah satu peserta Android Intermediate Batch #41 di Depok. Saat ini Pak Heri tinggal di Desa Sidomukti Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.  Sebagai penduduk asli Tuban, Pak Heri, lahir dan besar di Tuban, maka kuliahnya pun Ia selesaikan di Tuban. Selesai menamatkan pendidikan sarjana di salah satu kampus di Tuban tahun 2013, membuatnya mantap untuk mencari pekerjaan. Meski sempat bekerja pada bidang non IT, tak berkecil hati, beliau mencoba peruntungannya di tempat lain. Sampai akhirnya saat ini beliau merupakan staff IT di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Koesma Tuban.

Tuntutan zaman

Sebagai staff IT di sebuah instansi, tentunya kebutuhan instansi seiring dengan perkembangan zaman. Bila dulu pendaftaran pasien di fasilitas layanan kesehatan masih menggunakan kertas, sekarang beberapa instansi sudah mulai menerapkan pendaftaran online. Tak dipungkiri aplikasi layanan kesehatan online (dari mulai pendaftaran sampai penebusan resep obat) telah meningkatkan efisiensi waktu dan biaya. Oleh karenanya, banyak instansi layanan kesehatan yang ingin menerapkan aplikasi tersebut, salah satunya RSUD tempat beliau bekerja. Tingginya biaya pembuatan aplikasi, dan sulitnya maintenance bila membeli aplikasi dari pihak ketiga tanpa ada yang memahaminya, membuat Pak Heri berinisiatif untuk mempelajari pembuatan aplikasi mobile programming.

Menjatuhkan pilihan

Berbekal pencarian training mobile programming, Pak Heri akhirnya mengajukan kepada instansi tempatnya bekerja, untuk mengikuti kelas Android Basic Semarang yang diadakan Rumah Coding pada Januari lalu. Untuk menuntaskan materi android, beliau akhirnya mengambil kelas Android Intermediate Depok pada saat ini. Saat ditanya mengapa memilih Rumah Coding, beliau menjelaskan bahwa kelas-kelas di Rumah Coding harganya affordable dan silabusnya sesuai dengan kebutuhan. Setelah mengikuti Android Development (Basic dan Intermediate), harapannya beliau beserta tim dapat membangun aplikasi sesuai kebutuhan instansi saat ini.

Semoga aplikasinya bisa segera launch ya Pak, sukses selalu. Semangat Pak Heri dalam menuntut ilmu patut ditiru oleh kita semua. Jarak yang jauh tak menyurutkan langkah beliau untuk terus menimba ilmu dan mewujudkan harapannya. Yuk, mulai sekarang nyalakan terus semangat kita baik dalam bekerja, belajar maupun berusaha, agar segala impian kita bisa tercapai.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *